- Menurut Bonnie Campbell Hill
& Cynthia Ruptic (1994). “Assessment is the process of gathering
evidence and documenting a child’s lerning and growth”. Penilaian
adalah proses mengumpulkan peristiwa dan mendokumentasikan pertumbuhan dan
pembelajaran anak.
- Menurut James A. Mc. Lounghlin
& Rena B Lewis (1994). “Proses sistematika dalam mengumpulkan data
seseorang anak yang berfungsi untuk melihat kemampuan dan kesulitan yang
dihadapi seseorang saat itu, sebagai bahan untuk menentukan apa yang
sesungguhnya dibutuhkan. Berdasarkan informasi tersebut guru akan dapat
menyusun program pembelajaran yang bersifat realitas sesuai dengan
kenyataan objektif.
- Djemari Mardapi (1999: 8) penilaian
adalah kegiatan menafsirkan atau mendeskripsikan hasil pengukuran.
- Menurut Cangelosi (1995: 21)
penilaian adalah keputusan tentang nilai. Oleh karena itu, langkah
selanjutnya setelah melaksanakan pengukuran adalah penilaian. Penilaian
dilakukan setelah siswa menjawab soal-soal yang terdapat pada tes. Hasil
jawaban siswa tersebut ditafsirkan dalam bentuk nilai.
- Menurut Suharsimi Arikunto
(2009) penilaian adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan
ukuran baik buruk. Penilaian bersifat kualitatif.
- Dalam buku, “Bimbingan Dan
Konseling Disekolah”, terbitan Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat
Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, departemen
Pendidikan Nasional (2008:27) dijelaskan bahwa Penilaian merupakan langkah
penting dalam manajemen program bimbingan.
- Dalam PP.19/2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan Bab I pasal 1 ayat 17 dikemukakan bahwa
“penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk
mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik”.
- Penilaian merupakan proses
mengamati, merekam dan mengumpulkan berbagai dokumentasi dari hasil karya
yang telah dikerjakan oleh anak dan bagaimana cara mereka mengerjakannya
(NAEYC & NAESC/ SDE, 1991).
- Menurut NSW Departement of
Education (dikutip Arthur, 1996: 324) Assesment is the process of
gathering evidence and making judgement about students’ needs, strenghts,
abilities and eachievement. Penilaian adalah proses mengumpulkan
fakta-fakta dan membuat keputusan tentang kebutuhan siswa, kekuatan,
kemampuan, dan kemajuannya.
- Menurut Hargrove dan Poteet
(1984) Assesment is the process of gathering information, using
appropriate tools and technique. Penilaian adalah proses mengumpulkan
informasi, dengan menggunakan alat dan teknik yang layak).
- Menurut Jamaris (dalam makalah
Asesmen Perkembangan Anak Usia TK Berbasis Kecerdasan Jamak, 2004).
Penilaian pendidikan anak usia dini merupakan suatu proses kegiatan yang
dilaksanakan dengan tujuan untuk mengumpulkan data atau bukti-bukti
tentang perkembangan dan hasil belajar anak usia dini.
- Menurut James A. Poteet &
Ronald C Eaves (1985). Penilaian berarti proses pengumpulan informasi.
Untuk guru, penilaian dilakukan sebagai tujuan memutuskan keterampilan
mengajar.
- Angelo T.A.(1991): “Classroom
Assessment is a simple method faculty can use to collect feedback, early
and often, on how well their students are learning what they are being
taught”. assessment Kelas adalah suatu metode yang sederhana dapat
digunakan untuk mengumpulkan umpan balik, baik di awal maupun setelah
pembelajaran tentang seberapa baik siswa mempelajari apa yang telah
diajarkan kepada mereka.
- Bob Kizlik (2009): “Assessment
is a process by which information is obtained relative to some known
objective or goal. Assessment is a broad term that includes testing. A
test is a special form of assessment. Tests are assessments made under
contrived circumstances especially so that they may be administered. In
other words, all tests are assessments, but not all assessments are
tests”. Assessment adalah suatu proses dimana informasi diperoleh
berkaitan dengan tujuan pembelajaran. Penilaian adalah istilah yang luas
yang mencakup tes (pengujian). Tes adalah bentuk khusus dari penilaian.
Tes adalah salah satu bentuk penilaian. Dengan kata lain, semua tes
merupakan penilaian, namun tidak semua penilaian berupa tes.
- Terry Overton (2008): Assesment
is a process of gathering information to monitor progress and make
educational decisions if necessary. As noted in my definition of test, an
assesment may include a test, but also include methods such as
observations, interview, behavior monitoring, etc. (Artinya: sesmen
adalah suatu proses pengumpulan informasi untuk memonitor kemajuan dan
bila diperlukan pengambilan keputusan dalam bidang pendidikan. Sebagaimana
disebutkan dalam definisi saya tentang tes, suatu penilaian bisa saja
terdiri dari tes, atau bisa juga terdiri dari berbagai metode seperti
observasi, wawancara, monitoring tingkah laku, dan sebagainya).
- Palomba and Banta (1999), Assessment
is the systematic collection , review , and use of information about
educational programs undertaken for the purpose of improving student
learning and development (Artinya: penilaian adalah pengumpulan,
reviu, dan penggunaan informasi secara sistematik tentang program
pendidikan dengan tujuan meningkatkan belajar dan perkembangan siswa).
- Penilaian adalah proses
mengumpulkan informasi tentang siswa dan kelas untuk maksud-maksud
pengambilan keputusan instruksional (Richard I. Arends, 2008: 217).
- Penilaian adalah proses
pengumpulan informasi dengan mempergunakan alat dan teknik yang sesuai,
untuk membuat keputusan pendidikan berkenaan dengan penempatan dan program
pendidikan bagi siswa tertentu (Djadja Rahardja).
- Assesment atau penilaian
diartikan sebagai kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran berdasarkan
kriteria maupun aturan-aturan tertentu (S. Eko Putro Widoyoko, 2012: 3).
Dari
beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa assessment atau penilaian
adalah proses pengumpulan berbagai data yang bisa memberikan gambaran perkembangan
belajar siswa, menjelaskan dan menafsirkan hasil pengukuran (kuantifikasi suatu
objek, sifat, perlaku dll), menggambarkan informasi tentang sejauh mana hasil
belajar siswa atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) siswa.
Assessment memberikan informasi lebih konprehensif dan lengkap dari pada
pengukuran, sebab tidak hanya mengunakan instrument tes saja, tetapi juga
mengunakan tekhnik non tes lainya. Penilaian adalah kegiatan mengambil
keputusan untuk menentukan sesuatu berdasarkan kriteria baik buruk dan bersifat
kualitatif. Hasil penilaian sendiri walaupun bersifat kualitatif, dapat berupa
nilai kualitatif (pernyataan naratif dalam kata-kata) dan nilai kuantitatif
(berupa angka).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar